Pasar Tasik - Thamrin City

Zona Pasar Tasik Thamrin City

Pasar Tasik Thamrin City memiliki koleksi yang beragam dan menarik mulai dari kebaya, mukena, sajadah, baju-baju muslim seperti gamis, kerudung, Jilbab, baju koko termasuk peci bordir, sandal bordir dan busana untuk anak-anak. Para pedagang siap melayani pembelian baik secara grosir maupun eceran, tentunya dengan harga yang jauh lebih murah dibanding Mall lain di Jakarta karena Pasar Tasik Thamrin City barang -barangnya langsung dari pengrajin. Pasar Tasik merupakan bagian dari Pusat Busana Muslim Nusantara Thamrin City. Sesuai dengan namanya “Pasar Tasik” tentunya barang-barang yang dijual berasal dari Tasikmalaya Jawa Barat yang sebagian besar adalah busana muslim dan digelar setiap hari Senin, Kamis dan Sabtu, dengan kondisi hari lainnya berjalan seperti biasa buka dari pagi sampai sore. Dalam 3 hari itulah terjadi transaksi besar antar pedagang dengan konsumen dimana mereka bukan hanya berasal dari Jakarta, tapi dari luar Jakarta bahkan mancanegara. Bahkan para pedagang di mall lain di Jakarta membeli busana jenis bordir dan sulam tersebut di Thamrin City dengan harga grosir. Indikasi inilah yang menjadikan Thamrin City sebagai Pusat Busana Muslim Terbesar di dunia.

Sebagai salah satu icon product kota Tasik, bordir Tasik juga telah mampu menembus pasar internasional. Bordir Tasik, khususnya yang dikerjakan secara handmade, diapresiasi tinggi oleh masyarakat internasional. Tak heran bila harganya pun di pasar internasional tergolong baik, dan 60% produk Bordir Tasik diekspor ke luar negeri. Hanya saja, keterbatasan modal dan akses pasar masih membuat Bordir Tasik belum tampil sebagai primadona industri dan perdagangan, namun dengan eksisnya Pasar Tasik di Thamrin City merupakan satu bukti bahwa Thamrin City sudah berperan besar dalam percaturan perekonomian Kota Tasikmalaya. Kios Pasar Tasik di Lantai Dasar 1 sudah sekitar 99% menjadi kios “Pemilik”. Satu perkembangan yang signifikan bagi kemajuan Bordir Tasik dalam peningkatan perekonomian.

Bordir Tasikmalaya saat ini masih memiliki potensi pasar yang masih luas baik di dalam negeri maupun luar negeri, namun dengan kondisi persaingan yang semakin ketat, tetap membutuhkan inovasi produk dan pemasaran yang lebih kreatif. Kerajinan Bordir salah satu unggulan dari Kota Tasikmalaya dimana seni bordir ini merupakan serapan dari kebudayaan China, yang kemudian menempati rangking pertama di antara 10 kota/kabupaten daerah bordir lainnya di Jawa Barat dan dianggap sebagai sumber pendapatan dan ekspresi diri Mojang Tasik. Di Thamrin City inilah kreasi bordir dipasarkan dengan menghasilkan omzet yang besar dan mengangkat nama “Tasikmalaya” ke kancah dunia internasional seiring dengan nama “Pusat Busana Muslim Nusantara” sebagai Pusat Busana Muslim terbesar di dunia.

Last Updated (Wednesday, 02 November 2011 16:21)

 
eventnataltasik